Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Usaha

Rate this post

Download Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Usaha

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Usaha – Walaupun masih banyak orang yang tidak terlalu peduli tentang pembuatan surat perjanjian dalam sewa menyewa rumah, namun sebenarnya surat perjanjian itu sangat penting. Apalagi jika terjadi masalah antara kedua belah pihak di kemudian hari, surat tersebut bisa menjadi solusi. Berikut ini Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Usaha yang bisa anda pelajari, dan menjadikannya referensi yang tepat.

Surat perjanjian dalam hal sewa menyewa rumah khususnya untuk dipakai usaha, biasanya berisi perjanjian yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Yang dibuat oleh penyewa dan yang menyewakan rumah. Surat perjanjian ini dibuat dengan materai, agar sah secara hukum dan bersifar resmi.

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah Untuk Usaha

 

PERJANJIAN MENYEWA RUMAH UNTUK USAHA

 

Di hari Selasa 8 Oktober 2018 telah terjadi perjanjian sewa menyewa untuk usaha, diantara kedua belah pihak yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

Nama                    : Dani Setiawan

Alamat                  : Jl Mungkur V No 108 Bandung

Pekerjaan           : PNS

No KTP                 : 2618119222000

Yang selanjutnya disebut sebagai pihak pertama di dalam perjanjian ini.

Nama                    : Setya Nugraha

Alamat                  : Komp Griya Asmara Raya Blok K No 12 Bandung

Pekerjaan           : Pengusaha

No KTP                 : 81261911110

Yang selanjutnya disebut sebagai pihak kedua di dalam perjanjian ini.

Atas sebuah rumah yang berlokasi di Komp Griya Asmara Raya Blok A No 10 Bandung, yang selanjutnya disebut sebagai objek sewa atau rumah yang disewakan. Berikut ketentuan perjanjiannya :

  1. Pihak pertama meminjamkan objek sewa tersebut kepada pihak kedua, selama dua tahun terhitung sejak tanggal 9 Oktober 2018 sampai 9 Oktober 2020.
  2. Pihak pertama akan menerima sejumlah uang sewa sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta) pertahun. Yang dibayarkan dimuka selama 1 tahun oleh pihak kedua.
  3. Pihak kedua akan menempati rumah tersebut selama satu tahun.
  4. Kemudian pihak kedua akan membayar iuran lingkungan dan mematuhi segala aturan di lingkungan rumah tersebut.
  5. Pihak kedua tidak diperbolehkan merubah bentuk bangunan rumah, tanpa izin dari pihak pertama.
  6. Pihak kedua juga tidak diperbolehkan menjadikan rumah sebagai perkumpulan suatu organisasi atau menjadikan rumah sebagai sarana peribadatan umum.
  7. Pihak kedua akan membayar iuran pembayaran listrik PLN, dan membayar seluruh tagihannya sampai berakhirnya masa sewa.
  8. Bukti pembayaran tagihan harus diserahkan kepada pihak pertama, selambat-lambatnya 30 hari setelah berakhirnya masa jatuh tempo.
  9. Pihak kedua tidak memiliki hak untuk menyerahkan hak penempatan rumah pada pihak manapun, kecuali atas izin pihak pertama.
  10. Bila pihak kedua lalai dalam membayar tagihan selama 3 bulan berturut-turut, maka rumah boleh diserahkan kepada penyewa lainnya atas izin pihak pertama. Dan pihak pertama boleh menarik hak penggunaan rumah tanpa ada kompensasi apapun.
  11. Jika dalam keadaan terpaksa pihak pertama harus membatalkan perjanjian secara sepihak, maka pihak kedua berhak mendapat penggantian uang sewa sebesar Rp.2000.000,-/bulannya yang belum digunakan.
  12. Sama halnya dengan saat pihak kedua terpaksa membatalkan perjanjian selama sepihak, maka pihak pertama memiliki hak mendapat penggantian uang sewa sebesar Rp.2.000.000,-/bulannya ditambah deposit iuran tagihan listrik selama 12 bulan terakhir.
  13. Pihak kedua harus memberikan pernyataan tertulis saat mengosongkan rumah minimal 30 hari sebelum mulai dikosongkan.
  14. Surat perjanjian dibuat dua rangkap, yang akan dipegang oleh masing-masing pihak. Surat perjanjian ini harus sudah ditandatangani dan diberi materai.
Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Sewa Menyewa Rumah

Demikian surat perjanjian sewa menyewa rumah ini dibuat, untuk dipatuhi dan digunakan sebagaimana mestinya.

Penyewa                                                                                                                             Yang Menyewakan

Setya Nugraha                                                                                                                  Dani Setiawan

Itulah contoh surat perjanjian sewa menyewa rumah untuk usaha yang dapat dijadikan referensi.

Baca Juga :