Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya
5 (100%) 1 vote[s]

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya

Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya – Dalam hal sewa menyewa barang atau sesuatu, tentu harus terdapat perjanjian diantara penyewa dan pemberi sewa. Misalnya dalam hal sewa atau kontrak rumah, yang pada umumnya memiliki nominal yang besar. Sehingga dibutuhkan surat perjanjian resmi. Misalnya pada contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnyayang lengkap, seperti di bawah ini.

Surat perjanjian kontrak rumah ini dibuat agar orang yang menyewa rumah, dan orang yang menyewakan rumah sama-sama terlindungi oleh hukum. Dan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Cara Membuat Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Fransisca Gempita

No KTP                 : 73837289393

Alamat                  : Komp Griya Girilaya Asri II Blo B No 21 Bandung

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PENYEWA.

Nama                    : Farhan Aji Wijaya

No KTP                 : 818373812135

Alamat                  : Jl Murni Selatan No 31 Bandung

Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai PEMILIK.

Dengan surat ini pemilik dan penyewa berjanji dan mengikatkan diri dengan ketentuan dan beberapa syarat berikut ini :

PASAL 1

STATUS KEPEMILIKAN RUMAH

Pemilik menyatakan bahwa tanah dan rumah yang berlokasi di Jl Tandean Utara II No 81 Bandung, berdasarkan sertifikat hak milik Nomor 272738737211 adalah benar-benar miliknya. Dan merupakan satu-satunya yang memiliki hak penuh dalam menyewakan tanah dan rumah tersebut pada pihak lain. Bahwa pemilik akan menyewakan tanah dan rumah yang sebagaimana dimaksudkan di dalam ayat 1 kepada penyewa, penyewa pun menyetujui penyewaan tanah dan rumah tersebut. Sekarang setelah ditandatangani perjanjian ini, rumah tersebut dalam keadaan kosong.

Baca Juga :  Download Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama Investasi

PASAL 2

JANGKA WAKTU

Perjanjian dari sewa menyewa ini dilangsungkan dan diterima dalam jangka waktu tiga tahun sejak tanggal 12 Mei 2017 sampai 12 Mei 2020. Serta bisa diperpanjang lagi dalam jangka waktu tertentu, dan dengan syarat yang sudah disepakati baik oleh pemilik maupun penyewa.

PASAL 3

BIAYA SEWA

Biaya atau harga sewa tanah dan rumah ini sebagaimana yang dimaksud di ayat 2, adalah sebesar Rp.20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per tahun.

PASAL 4

SISTEM PEMBAYARAN

  1. Penyewa dan pemilik telah sepakat bahwa sistem pembayaran dilakukan dengan dua tahap.
  2. Pembayaran tahap pertama sebesar Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) dilakukan ketika surat perjanjian ini telah ditandatangani oleh kedua belah pihak sebagai bukti penerimaan bahwa uang itu sah.
  3. Pembayaran tahap kedua yaitu sebesar Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) yang akan dilakukan di tanggal 17 Juni 2017.
  4. Pemilih berjanji selama tanah dan bangunan tersebut disewa oleh penyewa, maka pemilik atau siapapun tidak berhak memungut uang sewa tambahan atau yang sejenisnya dalam bentuk apapun.

PASAL 5

PENGGUNAAN RUMAH

  1. Selama dalam jangka waktu tertentu berlangsungnya sewa menyewa tanah dan bangunan ini, penyewa menggunakan tanah dan bangunan tersebut untuk tempat tinggal pribadi.
  2. Penyewa tidak diperbolehkan untuk menggunakan tanah dan bangunan ini untuk kegiatan usaha perdagangan apapun. Atau berbagai jenis kegiatan lainnya yang bertentangan dengan undang-undang, ketertiban umum dan kesusilaan.
  3. Bila penyewa menggunakan tanah dan bangunan ini sebagaimana dengan yang telah disebutkan di ayat 1, maka pemilik berhak membatalkan perjanjian secara sepihak. Dan tidak ada pengembalian uang sewa apapun.

PASAL 6

PERAWATAN RUMAH

Penyewa wajib menjaga, merawat dan memelihara rumah dengan baik seperti rumah sendiri. Jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian penyewa maka biaya perbaikan ditanggung oleh penyewa. Tetapi jika kerusakan disebabkan oleh pemilik maka biaya ditanggung oleh pemilik.

Baca Juga :  Contoh Surat Hutang Piutang Antar Pribadi Dengan Jaminan

PASAL 7

PENYERAHAN KEMBALI TANAH DAN RUMAH

Penyewa juga memiliki kewajiban untuk menyerahkan tanah dan rumah, dalam keadaan kosong dan rumah terawat dengan baik ketika perjanjian ini berakhir.

PASAL 8

PENGALIHAN

  1. Selama masa sewa menyewa ini berlangsung penyewa tak diperbolehkan menyewakan kembali tanah dan rumah kepada pihak ketiga dengan alasan apapun, dan tanpa persetujuan dari pemilik.
  2. Jika penyewa menyewakan tanah dan rumah pada pihak lain tanpa sepengetahuan pemilik, maka pemilik berhak membatalkan perjanjian ini secara sepihak.
  3. Penyewa juga tidak boleh meminta pengembalian uang sewa jika melanggar hal tersebut di atas.

PASAL 9

KEWAJIBAN AHLI WARIS

Segala akibat dan resiko dari perjanjian sewa menyewa tanah dan rumah ini, hak dan kewajiban kedua belah pihak tidak akan berakhir begitu saja hanya karena salah satu pihak meninggal. Ahli waris dari pihak yang meninggal atau pengganti hak dari masing-masing pihak, wajib mentaati seluruh persayaratan dan ketentuan dari surat perjanjian ini.

PASAL 10

BIAYA-BIAYA

Penyewa menyatakan bersedia membayar biaya-biaya seperti rekening listrik, air, uang keamanan, dan juga uang kebersihan lingkungan selama perjanjian sewa menyewa ini masih berlaku. Untuk pembayaran pajak pribadi yang terkait dengan kepemilikian rumah dan tanah, tetap menjadi tanggungan pemilik.

PASAL 11

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Jika ada hal-hal yang tidak atau belum diatur di dalam perjanjian ini, dan jika terdapat perbedaan penafsiran dari seluruh atau sebagian dari perjanjian ini maka penyewa dan pemilik sepakat akan menyelesaikannya dengan cara musyawarah untuk mufakat. Bila penyelesaian musyawarah ini tidak menyelesaikan perselisihan diantara kedua belah pihak, maka akan diselesaikan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Oleh sebab itu penyewa dan pemillik sepakat untuk memilih tempat tinggal yang tetap dan yang pada umumnya di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Bandung.

Baca Juga :  Format Contoh Surat Perjanjian Hutang Piutang Sederhana

PASAL 12

PENUTUP

  1. Perjanjian ini dibuat oleh kedua belah pihak dalam keadaan sehat baik jasmani maupun rohani. Dan tak ada paksaan dari pihak manapun.

2. Perjanjian juga dibuat dalam rangkap dua dengan materai yang cukup, yang memiliki kekuatan hukum yang sama untuk masing-masing pihak.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dengan sebenar-benarnya, di hari Rabu tanggal 12 Mei 2017.

Penyewa                                                                                                                                             Pemilik

Fransisca Gempita                                                                                                                           Farhan Aji Wijaya

Demikian contoh Surat Perjanjian Kontrak Rumah Lengkap Dengan Pasal Pasalnya yang lengkap. Semoga dapat dijadikan bahan referensi yang tepat.

Baca Juga :