Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Dengan Jaminan

Rate this post

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Dengan Jaminan

Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Dengan Jaminan – Surat perjanjian kerja sama bagi hasil merupakan jenis surat perjanjian, yang isinya adalah sebuah perjanjian atau kesepakatan diantara dua pihak di dalam suatu bisnis. Kedua belah pihak telah menyepakati hasil dari omset bisnis tersebut. yang dibagi secara adil dan sesuai takarannya masing-masing. Simak contoh Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Dengan Jaminan berikut ini.

Cara Membuat Surat Perjanjian Kerjasama Bagi Hasil Dengan Jaminan

 

SURAT PERJANJIAN KERJASAMA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Merin Safitri

TTL                         : Bandung 12 Maret 1987

Alamat                  : Jl Puri Dayana I No 122 Bandung

No KTP/SIM       : 02389482837

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.

Nama                    : Alan Nuari

TTL                         : 8 September 1983

Alamat                  : Komp Setiabudi Setra Blok A 5 No 90 Bandung

No KTP/SIM       : 3284738924738

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

Kedua belah pihak sudah sepakat untuk mengadakan sebuah perjanjian pembiayaan Musyarokah atau Penyertaan Modal, yang telah terikat dengan ketentuan dan syarat sebagai berikut :

Pasal 1

Di dalam surat perjanjian kerjasama ini Pihak Kedua meminjam uang sebesar Rp.50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah) kepada Pihak Pertama untuk biaya atau modal usaha pertanian yang berupa penjualan sayuran dan buah-buahan ke Pedangang Pasar atau ke Supermaket.

Pasal 2

Kedua belah pihak sepakat bahwa akad ini terikat dengan ketentuan dan syarat seperti berikut ini :

  1. Pembiayaan tersebut di atas benar-benar untuk keperluan usaha atau penambahan modal usaha pertanian milik Pihak Kedua.
  2. Jangka waktu pembiayaan adalah sekitar 3 bulan atau 96 hari, oleh karena itu perjanjian ini berlaku sejak tanggal ditandatanganinya akad atau perjanjian ini yang akan jatuh tempo pada tanggal 15 Desember 2018.
  3. Pihak Kedua memiliki kewajiban untuk memberi hasil atas penjualan, bersamaan dengan waktu jatuh tempo perjanjian pembiayaan ini yang jumlahnya akan dihitung di akhir masa perjanjian ini.
  4. Pihak Kedua juga berhak untuk melakukan segala hal tentang usahanya itu sesuai dengan ketentuan syar’I dan kesepakatan dari kedua belah pihak. Tanpa keikutsertaan dari Pihak Pertama dalam manajemen tersebut. kecuali hanya dalam hal pembinaan dan pengawasannya saja.
  5. Pihak Kedua berjanji untuk memberi laporan atas usahanya setiap bulan di tiap akhir bulan pada Pihak Pertama dengan jujur dan benar.
  6. Sebagai konsekuensinya, Pihak Pertama hanya menanggung kerugian yang benar-benar terbukti karena adanya resiko usaha dan FORCE MAJEUR. Oleh karena itu tidak ada penanggungan kerugian yang diakibatkan oleh kesalahan yang memang disengaja. Atau karena kecerobohan, kelalaian, atau karena menyalahi isi perjanjian.
Baca Juga :  Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Bekas Yang Resmi Download Gratis

Pasal 3

Untuk menjamin keamanan dan juga terpenuhinya akad sebagaimana tujuan dalam perjanjian pembiayaan Musyarokah ini, maka :

  1. Pihak Kedua bersedia untuk menyerahkan sebuah jaminan yang berupa BPKB Mobil jenis Minibus atas nama Alan Nuari. Dengan Spesifikasi sebagai berikut: Nomor Polisi M 13 SKA, Type GT878, Model 767, Tahun Pembuatan 2016, Tahun Perakitan 2016, Nomor Rangka 827863BB7623 dan Nomor Mesin 28398KJ sebagai jaminan atas perjanjian ini.
  2. Pihak kedua juga bersedia untuk bertanggung jawab dalam melepaskan hak atas jaminan tersebut, pada Pasal 3 ayat 1 kepada Pihak Pertama. Dengan ini Pihak Pertama pun mempunyai hak terhadap barang dengan tanpa sesuatu yang dikecualikan, untuk menarik jaminan dan atau untuk menjualnya kembali pada pihak manapun untuk melunasi kewajiban Pihak Kedua.

Demikian surat perjanjian ini dibuat dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Bandung 15 September 2018

Pihak Pertama                                                                                                                                   Pihak Kedua

Merin Safitri                                                                                                                                       Alan Nuari

Demikian contoh surat perjanjian kerjasama bagi hasil dengan jaminan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :