Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun
5 (100%) 1 vote

Contoh Surat Jual Beli Tanah Kebun

Surat Jual Beli Tanah Kebun – Surat jual beli adalah jenis surat yang di dalamnya menerangkan mengenai perjanjian jual beli. Di dalam pembuatan surat jual beli, pihak penjual wajib menyerahkan suatu barang yang dijual kepada pembeli. Dan pihak pembeli wajib menyerahkan sejumlah uang atas harga barang, di surat tersebut. sama seperti contoh surat jual beli tanah kebun, yang menerangkan tentang perjanjian jual beli tanah kebun.

Surat jual beli ini dibuat dengan tujuan supaya kedua belah pihak, baik penjual maupun pembeli tidak dirugikan. Apalagi di zaman sekarang banyak sekali penipuan mengenai jual beli, khususnya jual beli tanah yang nominalnya sangat besar dan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Cara Membuat Surat Jual Beli Tanah Kebun

SURAT PERJANJIAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                    : Tengku Wisnu

Agama                  : Islam

Alamat                  : Jl Paparan V No 124 Jakarta Barat

Telepon               : 08571029837

Pekerjaan           : Guru

Selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.

Nama                    : Rafi Ahmad

Agama                  : Islam

Alamat                  : Komp Sinar Mas X Blok B56 Jakarta Selatan

Telepon               : 081222268899

Pekerjaan           : Karyawan Bank Swasta

Selanjutnya disebut sebagai pihak kedua.

Di tanggal 29 Juli 2018 pihak pertama telah menjual sebidang tanah yang berupa kebun dengan luas 3000 m2. Yang beralamat di Jl Kapiten 5 No 111 Jakarta Barat. Tanah kebun tersebut dijual kepada pihak kedua seharga Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) secara tunai. Pembayarannya pun telah dilakukan di hadapan beberapa saksi.

Oleh karena itu sejak tanggal 29 Juli 2018, tanah kebun itu sudah menjadi milik pihak kedua secara sah. Pada saat pelaksanaan penjualan tanah tersebut, semua pihak baik pihak pertama, pihak kedua, maupun para saksi menyatakan bahwa diri mereka sehat secara jasmani maupun rohani. Serta dilakukan dengan itikad baik. Setelah surat perjanjian jual beli ini dipahami oleh kedua belah pihak, maka dilakukanlah tanda tangan surat sebagai pemindahan hak milik atas tanah dari pihak pertama pada pihak kedua.

Baca Juga :  Contoh Surat Undangan Pemberitahuan Lomba Baca Alquran

Demikian surat jual beli tanah kebun ini dibuat dengan sebenar-benarnya, dengan tidak ada paksaan apapun dari pihak manapun. Sehingga dapat dipergunakan secara hukum jika suatu saat diperlukan.

Jakarta 29 Juli 2018

Pihak Kedua                                                                                                                                                       Pihak Pertama

Raffi Ahmad                                                                                                                                                       Tengku Wisnu

Saksi-saksi :

  1. Raden Maulana Sidik (……..)
  2. Rahayu Ajeng Purnama (…….)

Demikian contoh surat jual beli tanah kebun yang bisa anda contoh saat diperlukan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :